Laman

Rabu, 19 Oktober 2011

RPP IPA Kelas VI Isolator Konduktor

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                        : SD ....................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : VI/1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Hari/Tanggal                 : ...................................

A.  Standar Kompetensi     :  5.  Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran, dan kegunaan benda.
B.   Kompetensi Dasar       : 5.1   Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda.
C.  Indikator                      : 5.1.1  Mengklasifikasi benda-benda yang bersifat sebagai konduktor dan isolator.
5.1.2  Membedakan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator.
D.  Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui kegiatan diskusi dan pengamatan percobaan kemampuan benda-benda menghantar panas siswa dapat mengklasifikasi benda-benda yang bersifat sebagai konduktor dan isolator dengan benar.
2.    Melalui kegiatan diskusi pengamatan percobaan kemampuan benda-benda menghantar panas siswa dapat membedakan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator dengan benar.
E.   Materi Ajar
Kemampuam Benda Menghantarkan Panas
1.      Koduktor panas adalah Benda-benda yang dapat menghantarkan panas. Cara perpindahan panas dari satu benda ke benda yang lain disebut konduksi. Bendabenda yang dapat menghantarkan panas terbuat dari logam, seperti besi, aluminium, tembaga. Benda yang termasuk konduktor panas, misalnya sendok, wajan, panci.
2.      Isolator panas adalah bahan yang tidak dapat menghantarkan panas. Benda yang termasuk bahan isolator panas terbuat dari kayu dan plastik. Misalnya, pensil, pulpen, penggaris plastik.

F.   Metode Pembelajaran
·      Tanya Jawab
·      Pengamatan
·      Diskusi
·      Penugasan
G.  Langkah-langkah Kegiatan
1.    Kegiatan Awal
v Mengucapkan salam.
v Mengabsen siswa.
v Menyiapkan siswa mengikuti pembelajaran
v Memberikan apersepsi yaitu guru bertanya kepada siswa anak-anak apakah kalian dirumah mempunyai alat-lat rumah tangga yang terbuat dari besi, aluminium atau tembaga? “Kenapa gagang pada pengorengan atau panci dibuat dari kayu atau plastik?”
v Guru menyampaikan menyampaikan tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran.
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
v Guru menunjukan benda-benda isolator dan konduktor (paku, sendok, pensil, penggaris).
v Siswa mengamati benda-benda isolator dan konduktor (paku, sendok, pensil, penggaris).
v Guru memberikan permasalahan kepada siswa berupa LKS.
b.    Elaborasi
v Siswa melakukan pengamatan percobaan kemampuan benda-benda menghantar panas.
v Siswa mencatan hasil pengamatan percobaan yang dilakukan.
v Siswa secara berkelompok berdiskusi untuk membahas permasalahan yang diberikan guru.
v Guru memandu/mempasilitasi siswa belajar.
v Siswa bersama kelompok menyajikan hasil diskusi kedepan kelas.
c.    Konfirmasi
v Guru  bersama siswa menanggapi hasil diskusi semua kelompok serta guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi siswa.
v Siswa bersama-sama mengoreksi hasil pekerjaannya.
v Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang disampaikan.
v Guru memberikan kesimpulan atau jawaban atas pertanyaan siswa.
3.    Kegiatan Penutup
v Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran.
v Guru memberikan evaluasi.
v Guru memberikan tindak lanjut berupa PR
H.  Media dan Sumber Belajar
1.    Media       :  Benda-benda isolator dan konduktor (paku, sendok, pensil, penggaris, kawat besi, ranting kayu), gelas kaca, air panas, dan LKS.
2.    Sumber     : 
- Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas VI. Halaman: 55-58. Penulis: Heri Sulistyanto dan Edy Wiyono. Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
- Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas VI. Halaman: 78-81. Penulis: S. Rositawaty dan Aris Muharam. Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
I.     Penilaian
1.      Prosedur      : Proses dan hasil
2.      Jenis tes       : Tertulis
3.      Bentuk tes   : Esay
4.      Alat tes        : Soal
a.       Lembar Observasi
No
Nama
Kognitif
Afektif
Psikomotor
Total bobot
C1
C2
C3
Meminati
Menyesuaikan
































Keterangan:
Kognitif
C1  :  Menyebutkan benda-benda konduktor dan isolator.
C2  :  Membedakan benda-benda konduktor dan isolator.
C3  :  Mengklasifikasi benda-benda konduktor dan isolator.
Afektif : Meminati pembelajaran.
Psikomotor : Mengoraksi hasil pekerjaannya.
Kriteria penilaian :
                        Penskoran: skor siswa =

b.      Soal Evaluasi:
1.      Apa yang dimaksud isolator? (bobot 10)
2.      Apa yang dimaksud konduktor? (bobot 10)
3.      Sebutkan 3 contoh benda isolator? (bobot 10)
4.      Sebutkan 3 contoh benda konduktor? (bobot 10)
c.       Kunci jawaban:
1.      Benda yang sulit menghantarkan panas.
2.      Benda yang dapat menghantarkan panas.
3.      Pensil, penggaris, buku.
4.      Paku, sendok logam, panci.
Kriteria Penilaian
-         Untuk soal no 1 dan no 2, jika menjawab benar skornya masing-masing 10, jika jawaban kurang tepat skornya masing-masing 5, dan jika jawaban salah atau tidak menjawab skornya 0.
-         Untuk soal no 3 dan 4,  jika menyebutkan benar 3 skornya 10, jika menyebutkan benar 2 skornya 7, jika menyebutkan benar 1 skornya 4, dan jika jawaban salah atau tidak memjawab skornya 0.
                        Penskoran: skor siswa =
                                    SMI = 40.
           
d.      Kriteria pensekoran siswa:
0 – 25              : Sangat kurang
26 – 45            : Kurang
46 – 65            : Cukup
66 – 85            : Baik
86 – 100          : Sangat baik

e.       LKS
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Benda Konduktor Panas dan Isolator Panas

Nama Kelompok:         1.
                                    2.
                                    3.
                                    4.
Tujuan:
1. Siswa dapat membuktikan bahwa benda konduktor panas dapat menghantarkan panas dan benda isolator panas tidak dapat menghantarkan panas.
Alat dan Bahan:
1. Sendok logam                  5. Ranting kayu
2. Paku                                5. Kawat besi
3. Penggaris plastik 6. Gelas kaca
4. Pensil                               7. Air panas
Langkah-langkah:
1.    Masukkan air panas (jangan yang mendidih) dari termos ke dalam gelas. Perhatikan Gambar a.
2.    Masukkan sendok, paku, penggaris plastik, ranting kayu, kawat besi, dan pensil ke dalam gelas berisi air panas. Perhatikan Gambar b.

3.    Diamkan ± 2 menit.
4.    Sentuhlah setiap ujung benda bagian atas dengan tanganmu. Perhatikan Gambar c.
5.    Isilah tabel pengamatan di bawah ini dengan tanda jika tanganmu terasa panas dan tidak panas.
Benda
Panas
Tidak panas
......
......
......
......
......
......
......
......
......
......
......
......
......
......
......
......
......
......

Diskusikanlah bersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan pertanyaan berikut.
1. Apa yang kamu rasakan ketika menyentuh paku? Mengapa terasa demikian?
Jawab:
2.    Apa yang kamu rasakan ketika menyentuh pensil? Mengapa terasa demikian?
Jawab:
3.    Golongkan benda yang termasuk konduktor panas dan isolator panas!
Jawab:

f.        RUBRIK
Aspek Kognitif
Deskriptor
Kriteria / Skor
1.   Menyebutkan benda-benda konduktor dan isolator.
a.    Tepat
b.    Jelas
c.    Cermat
d.    Teliti
4 deskriptor : 100
3 deskriptor : 80
2 deskriptor : 60
1 deskriptor : 40
2.   Membedakan benda-benda konduktor dan isolator.

a.    Jelas
b.    Teliti
c.    Sistematis
d.    Tepat
4 deskriptor : 100
3 deskriptor : 80
2 deskriptor : 60
1 deskriptor : 40
3.   Mengklasifikasi benda-benda konduktor dan isolator
a.    Cermat
b.    Teliti
c.    Sistematis
d.    Tepat
4 deskriptor : 100
3 deskriptor : 80
2 deskriptor : 60
1 deskriptor : 40
Aspek Afektif
Deskriptor
Kriteria / Skor
Meminati pembelajaran
a.    Serius
b.    Ulet
c.    Aktif
d.    Sigap
4 deskriptor : 100
3 deskriptor : 80
2 deskriptor : 60
1 deskriptor : 40
Aspek Psikomotor
Deskriptor
Kriteria / Skor
Mengoreksi hasil pekerjaannya.

a.    Aktif
b.    Kreatif
c.    Teliti
3 deskriptor : 100
2 deskriptor : 70
1 deskriptor : 40

1 komentar: